Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Waypoint pada GPS Furuno dan Rute Kapal

GPS (Global positioning System) merupakan alat navigasi kapal yang berfungsi untuk menentukan posisi kapal. Pada GPS Furuno juga dapat digunakan untuk membuat waypoint dan rute pelayaran yang dapat memudahkan para pelaut dalam menentukan arah haluan kapal. 

Dengan memasukkan waypoint dan route dalam GPS kapal maka akan sangat membantu dalam bernavigasi terutama ketika kapal tidak dilengkapi dengan ECDIS. Mungkin beberapa dari sobat pelaut belum memahami dengan baik mengenai cara memasukkan waypoint tersebut.

Melalui artikel ini saya akan membahas tentang cara membuat waypoint dan rute pada GPS. Sebelum lebih lanjut tentang pembahasan ini ada baiknya para sobat memahami terlebih dahulu apa itu waypoint.

Pengertian Waypoint pada GPS

Waypoint adalah titik yang merupakan tempat dimana kapal akan merubah haluan. Atau dapat juga dikatakan bahwa tempat dimana kapal akan merubah arahnya ketika sedang berlayar. Titik tersebuat merupakan suatu koordinat yang terdiri atas lintang dan bujur. 

Setiap rute pelayaran tentunya mengandung beberapa waypoint tergantung dari jauhnya pelayaran. Posisi ini dapat diperoleh dari peta ataupun ecdis ketika kita membuat garis haluan. Jadi, sebelum memasukkan ke dalam GPS sobat harus terlebih dahulu mencatat setiap koordinat waypoint dengan benar dan teliti.

Cara Membuat Waypoint pada GPS Furuno

Oke sobat, tanpa berlama-lama untuk memasukkan waypoint ke dalam GPS dapat mengikuti langkah-langkah sebagai brikut.

1. Catat semua koordinat waypoint yang akan dimasukkan ke dalam GPS, pada kertas atau buku catatan

2. Tentukan nama setiap waypoint tersebut yang akan sobat masukkan.

3. Pada GPS tekan tombol MENU 2 kali, lalu pilih WAYPOINT kemudian pilih SUSUNAN

cara membuat waypoint pada gps furuno

5. Karena kita akan membuat yang baru maka pilih BARU, Masukkan nama waypoint dengan menggunakan tombol arah berdasarkan nama yang sobat sudah tentukan tadi kemudian tekan tombol enter (ENT)

6. Masukkan koordinat posisinya yakni lintang dan bujur, pada bagian ini sobat harus teliti agar tidak terjadi kesalahan termasuk penulisan tandanya yang harus sobat perhatikan. S = Selatan, U = Utara, T = Timur dan B = Barat

7. Setelah sobat masukkan koordinat dengan benar tekan ENT, maka akan tersimpan.

8. Perlu sobat ketahui bahwa setiap waypoint harus dimasukkan satu per satu. 

Jika setiap waypoint sudah semua dimasukkan maka akan tersimpan dalam GPS sesuai dengan nama yang sobat berikan tadi. Lalu bagaimana caranya membuat menjadi rute pelayaran. Untuk penjelasannya mari simak pembahasan selanjutnya.

Cara Membuat Rute pada GPS Furuno

Sangan mudah membuat rute jika waypoint sudah kita masukkan terlebih dahulu, caranya adalah sebagai berikut.

1. Pada GPS tekan tombol MENU 2 kali, kemudian pilih RUTE

cara membuat rute

2. Tulis nama Rute tersebut, misalnya “Jakarta-Makassar”, tekan tombol ENT, lalu Pilih BARU karena kita akan membuat rute baru

tulis nama rute

3. Masukkan nama-nama waypoint yang telah sobat input sebelumnya (sesuaikan dengan namanya), untuk lebih jelasnya perhatikan tampilan seperti gambar di bawah ini. Dan perhatikan bahwa waypoint harus sesuai dengan urutan yang benar.

4. Setelah sobat memasukkan semuanya silahkan keluar dan Rute pelayaran tersebut sudah tersimpan.

Cara Mengaktifkan Rute pada GPS Furuno

Cara mengaktifkan rute yang akan digunakan adalah sebagai berikut:

1. Pada tombol tekan GO TO, lalu pilih RUTE, kemudian tekan tombol ENT.

cara mengaktifkan rute

2. Dengan menggunakan tombol arah, scroll ke bawah sampai muncul nama Rute yang telah dibuat, misalnya nama rute yang dibuat tadi adalah “Jakarta-Makassar”.

3. Setelah menemukan nama rute tersebut tekan tombol ENT, maka muncul 2 pilihan yaitu LANJUTKAN dan KEMBALI. Pilih lanjutkan jika sobat akan berlayar dari Jakarta ke Makassar, dan Pilih KEMBALI jika sobat berlayar dari Makassar ke Jakarta dan ingin berlayar dengan rute yang sama.

Itulah langkah-langkahnya yang sangat mudah dan gampang untung dipraktekkan di atas kapal.

Cara Menghapus Rute dan Waypoint dalam GPS

Untuk melakukan penghapusan suatu rute atau waypoint, sobat dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pada tombol tekan MENU 2 kali
  2. Kemudian pilih HPS lalu tekan tombol ENT
  3. Akan muncul jenis apa yang akan sobat hapus, silahkan pilih yang sesuai kemudian tekan tombol ENT
  4. Lalu cari dan pilih nama file yang akan sobat hapus, kemudian tekan tombol ENT. Maka file tersebut akan terhapus secara permanen

Sebelum melakukan penghapusan ada baiknya sobat melakukan pengecekan dulu terhadap semua list dan daftar waypoint yang telah tersimpan. Data-data yang telah di masukkan akan tersimpan dan dapat diakses kembali untuk melakukan pengecekan atau sekedar melihat semua data yang sudah tersimpan.

Untuk melihat kembali daftar dan list waypoint yang sudah kita simpan, untuk melihat daftar waypoint ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Hidupkan alat GPS dengan menekan tombol POWER, kemudian tunggu sampai layar konfigurasi satelit terlihat. Tekan tombol PAGE beberapa kali sampai muncul layar menu utama.
  2. Untuk melihat daftar waypoint tekan tombol MENU lalu pilih WAYPOINT maka pada layar akan muncul daftar dari waypoint yang telah tersimpan
  3. Untuk mengetahui informasi detail dari data tersebut arahkan kursor menuju waypoint yang diinginkan kemudian tekan ENT.
  4. Informasi detail mengenai data tersebut seperti titik koordinat, nama, dan waktu pembuatan akan muncul.
  5. Pada layar akan muncul pertanyaan mengenai apakah titik tersebut akan dihapus atau diganti namanya sobat dapat melakukannya sesuai dengan kebutuhan.

Semoga artikel ini dapat membantu para sobat yang sedang mencari referensi mengenai cara membuat waypoint dan rute pelayaran pada GPS Furuno, jika ada saran dan pengalaman yang lain dari sobat semua silahkan berbagi agar dapat saling memberikan dan berbagi pengetahuan. Sekian dan Terima kasih.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.

Post a Comment for "Cara Membuat Waypoint pada GPS Furuno dan Rute Kapal"