Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas OS (Ordinary Seaman) Di atas Kapal

Beberapa perusahaan pelayaran mewajibkan adanya OS (Ordinary seaman) di kapal sebagai bagian dari crew deck dalam menjalankan tugas dan kerja harian. Terutama kapal yang berukuran besar, karena membutuhkan jumlah pekerja yang cukup banyak dalam melakukan perawatan kapal untuk hasil yang efesien.

OS disebut juga kelasi yang dapat merangkap menjadi AB ketika sudah dianggap telah memenuhi kriteria dan sudah memahami tugas dan tanggung jawab yang diembankan di atas kapal. Lalu, apa itu OS dan apa saja tugasnya di kapal? Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian OS

OS adalah kelasi atau crew yang merupakan bagian deck department yang posisi jabatannya di bawah AB dan di komandoi ole Bosun. Jadi, dapat dikatakan posisi ini merupakan jabatan yang paling junior dari semua kelompok rating di kapal.

Biasanya untuk menjadi OS tidak membutuhkan pengalaman untuk dapat diterima oleh owner sebagai pekerja di kapal, yang diwajibkan adalah documen seperti seaman book dan passport serta beberapa sertifikat terutama sertifikat basic keselamatan.

Setelah naik kapal OS atau kelasi ini harus mengikuti AB untuk belajar memahami tugas-tugas dasar yang harus dia lalukan selama bekerja. Selain itu hal paling mendasar yang harus dia pahami adalah prosedur keselamatan di atas kapal yang biasanya akan dijelaskan oleh Chief officer dan Third Officer. Harus dipastikan bahwa seorang OS dapat memahami dengan baik mengenai prosedur keselamatan demi keamanan dan keselamatan kerja setiap saat.

Dengan pengawasan dan perintah dari seorang bosun, kelasi atau OS harus melaksanakan tugas hariannya dengan teliti serta hati-hati karena dianggap belum familiar dan tidak boleh gegabah dalam mengambil suatu tindakan tanpa instruksi dan permintaan dari kepala kerja. 

Tugas OS di Kapal

tugas os di kapal

Dalam menjalankan tugas, OS bekerja dengan sistem kerja harian yang biasanya mulai dari jam 07.00 sampai 17.00, kecuali ketika ada tugas tambahan yang memang sifatnya emergency sehingga harus diselesaikan sesegera mungkin.

Tugas OS (Kelasi) di kapal adalah:

  1. OS bertugas melaksanakan kerja harian dengan pengawasan bosun dan Chief Officer atau kebijakan lain dari management perusahaan.
  2. Membantu dan ikut serta dalam perawatan kapal seperti melakukan chipping, brushing dan pengecetan.
  3. Membantu dan ikut serta dalam proses mooring dan unmooring di kapal.
  4. Melakukan perwatan terhadap tali-tali di atas kapal dan memastikan berada pada tempat yang semestinya seperti heaving line, mooring line dan lain sebagainya.
  5. Menjaga kebersihan akomodasi kapal seperti Toilet, ship’s office, alleway, crew messroom dan semua ruang akomodasi yang menjadi tanggung jawabnya.
  6. Melakukan jaga pelabuhan ketika kapal sedang sandar di dermaga dan mengecek tali kapal (Mooring line) secara rutin.
  7. Apabila di kapal Tanker OS harus ikut serta dalam jaga cargo operation bersama AB dan melaporkan semua kondisi maindeck kepada duty officer setiap saat.
  8. Ikut serta dalam melaksanakan tank cleaning jika di kapal Tanker.
  9. Membantu merapikan dan membersihkan bosun’s store dan Provision room.
  10. Membantu melakukan sounding air tawar di kapal dan belajar menghitung volume air tawar dengan menggunakan tabel.

Terlepas dari penjelasan di atas, pada umumnya tugas kelasi sangat bergantung pada management perusahaan dan kebijakan dari seorang chief officer. Namun pada umumnya tugas OS yang disebutkan di atas tidak memiliki perbedaan yang signifikan. 

Tugas OS di kapal Bulk carrier tentunya ada perbedaan ketika di kapal tanker. Pada umumnya tugasnya di kapal bulk carrier adalah membantu AB melakukan penutupan dan pembukaan palka atau tugas lainnya yang secara spesifik dan berhubungan langsung dengan kapal bulk carrier.

Mungkin dapat dikatakan bahwa tugas OS di atas kapal cukup banyak dan cukup merepotkan tetapi semua itu akan terlewati dengan mudah jika dihadapi dengan penuh kesabaran. Selain itu, dengan kesabaran akan memberikan anda pengalaman baru dan pengalaman kerja yang akan membekali diri anda hingga akhirnya siap dan mampu untuk dipromosikan dengan jabatan yang lebih tinggi.

Sertifikat dan Syarat Menjadi OS

Persyaratan

Syarat menjadi seorang OS atau kelasi bukanlah hal yang sulit karena dapat dikatakan sebagai ABK yang paling junior di atas kapal.

Berikut ini adalah syarat menjadi OS:

  1. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan hasil tes kesehatan.
  2. Memiliki ijazah atau sertifikat keahlian yang memadai dan diakui negara.
  3. Memiliki semua documen yang terkait dengan pelayaran seperti buku pelaut, yellow fever dan passport.
  4. Dapat berkomunikasi dengan baik dan jelas.
  5. Mampu bekerja dibawah tekanan.
  6. Menjadi nilai tambah jika mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris terutama untuk kapal yang beroperasi luar negeri.

Itulah beberapa yang harus dipertimbangkan seseorang yang ingin memulai bekerja dan berkarir di kapal sebagai kelasi. Dapat dikatakan bahwa menjadi seorang OS dikapa sama halnya dengan sedang magang atau semacam training sehingga hal yang cukup wajar ketika terasa berat. Namun, semua hal tersebut akan terlewati dengan kesabaran dan tekad yang besar untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam meningkatkan kualitas pengalaman. 

Sertifikat yang Harus Dimiliki OS 

Sertifikat dan Documen yang harus dimiliki adalah sebagai berikut:

  1. BST (Basic safety Training), merupakan sertifikat dasar yang harus dimiliki karena menyangkut tentang pelatihan keselamatan dan prosedur menghadapi keadaan darurat di kapal.
  2. AFF (Advanced Fire Fighting), merupakan sertifikat yang membekali setiap crew dalam mencegah terjadinya dan prosedur menghadapi kebakaran.
  3. Minimal memiliki Sertifikat Rating atau sejenisnya.
  4. SDSD (Seafarer Designated Security Duties), merupakan sertifikat yang memberikan pelatihan tata cara mencegah dan menghadapi perompakan (Bajak laut), sertifikat ini hanya diperuntukkan untuk rating.
  5. SAT (Security Awarenes Training), merupakan sertifikat yang basicnya sama dengan SDSD.
  6. Buku pelaut (Seaman Book), ini merupakan documen yang wajib dan harus dimiliki karena digunakan untuk merecord dan sijil setiap pengalaman kerja sebagai bekal untuk mendapatkan promosi ke jabatan selanjutnya.
  7. Passport merupakan documen travel yang harus dimiliki OS terutama ketika ingin berlayar pada level internasional
  8. Yello Fever merupakan dokumen kesehatan yang harus dimiliki setiap pelaut.

Semua documen dan sertifikat tersebut terbilang sebagai sertifikat dasar dan basic yang harus dimiliki. Apabilah OS sudah berlayar sekitar 2 tahun maka dapat melanjutkan dan mengambil sertifikat ABLE untuk dapat digunakan melamar dengan posisi yang lebih tinggi.

Jumlah dan Gaji OS

Sebagaimana telah dijelaskan di atas jumlah OS di kapal tergantung pada jenis dan ukuran kapal. Selain itu, juga tergantung dari kebijakan managemen perusahaan tersebut. 

Umumnya, jumlah OS di kapal adalah 2 sampai 3 orang, untuk kapal jenis tanker product dengan GT. 10,000 dimana saya bekerja saat ini jumlahnya adalah 2 orang dengan shift jam jaga 6 jam ketika kapal sedang sandar di dermaga. 

Pada saat kapal berlayar dan berlabuh jangkar maka OS kerja harian mendampingi bosun dan pada malam hari dapat naik ke atas bridge untuk belajar mengenai dasar-dasar pengoperasian kemudi kapal. Biasanya pada malam hari ketika saya melaksanakan jam jaga, saya memberikan beberapa pengenalan terhadap alat-alat navigasi kapal untuk membekali dia pada saat siap menjadi AB.

Berapa Gaji OS

Mengenai gaji OS bergantung pada perusahaan dan area pelayaran kapal. Untuk kapal yang beroperasi dalam negeri dan luar negeri tentu memiliki perbedaan. 

Sebagaimana perusahaan di mana saya bekerja gaji OS/kelasi adalah 800 USD atau Rp. 12.000.000,00. Sementara untuk kapal operasi dalam negeri biasanya berkisar antara Rp. 2.000.000,00 sampai 3.000.000,00. 

Kembali lagi bahwa semua tergantung pada perusahaan tersebut. Selain itu, penghasilan lainnya dapat diperoleh dari uang bonus Tank Cleaning dan uang bonus trip.

Setiap melakukan tank cleaning maka akan mendapatkan bonus sebesar 150-250 USD. Jadi dapat disimpulkan bahwa total penghasilan OS di kapal adalah 950 USD sampai 1100 USD atau setarah dengan Rp. 15.000.000,00 sampai Rp. 16.500.000,00. 

Perhitungan ini saya ambil di perusahaan dimana saya bekerja saat ini, di perusahaan lain mungkin saja lebih besar atau mungkin lebih kecil.

Cara melamar sebagai OS

Cara melamar sebagai OS adalah dengan melengkapi semua documen yang diperlukan dan semua persyaratan yang telah ditentukan. Jika persyaratan tersebut lengkap maka anda dapat mengunjungi perusahaan pelayaran dan menanyakan tentan informasi job. Dapat juga dengan mengirimkan CV anda melalui email crewing. 

Ketika anda membuat CV pastikan bawha semua documen dan sertifikat yang tertera, masih dalam keadaan aktif dan dapat dicek secara online. Untuk memudahkan mendapat pekerjaan maka jauh lebih baik jika membekali diri anda dengan keterampilan berbahasa asing seperti bahasa Inggris, tidak perlu mahir yang penting dapat mengerti dan mampu berkomunikasi sedikit demi sedikit. 

Dengan adanya kemampuan anda dalam berkomunikasi bahasa inggris akan menjadi nilai tamba bagi crewing untuk merekrut anda. 

Untuk masalah interview yang saya ketahui bahwa OS tidak perlu melakukan interview karena memang dianggap belum memiliki pengalaman sehingga memang diperuntukkan seperti orang yang sedang magang di atas kapal. Jadi buat teman-teman tidak perlu takut dan pesimis akan menghadapi interview terlebih dahulu.

Kesimpulan

OS adalah singkatan dari Original Seaman juga dikenal sebagai sebutan kelasi. Memiliki tugas sebagai pembantu dari berbagai jenis pekerjaan di atas kapal. Sehingga menjadi suatu tantangan tersendiri dalam dunia kerja khususnya bagi pelaut.

Tidak semua kapal memiliki crew dengan status sebagai OS melainkan hanya kapal tertentu dan yang berukuran besar. Untuk bekerja dengan jabatan ini membutuhkan kesabaran dan kerja keras yang besar untuk bisa dipromosikan ke level selanjutnya.

Terbilang sebagai posisi yang paling junior di kapal tetapi ini merupakan langkah awal bagi seorang rating dalam menitih karirnya sebagai pelaut. Dengan terus belajar dan meningkatkan pengetahuan maka akan memberikan upah dengan hasil yang lebih baik. 

Demikianlah artikel ini, tentang tugas OS (ordinary seaman) di atas kapal yang saya tulis berdasarkan pengetahuan dan pemahaman saya. Semoga memberikan manfaat dan menambah wawasan para sobat yang membaca. Untuk sobat yang ingin memulai karir sebagai pelaut tetap semangat dan yakini bahwa akan selalu ada jalan. Sekian terima kasih dan salam pelaut.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.

Post a Comment for "Tugas OS (Ordinary Seaman) Di atas Kapal"