Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tentang Stern Tube Kapal Serta Fungsi dan Perawatannya yang Wajib Dipahami Pelaut

Salah satu komponen terpenting pada kapal adalah propeller (baling-baling), namun pernahkah kita berpikir bahwa bagaimana baling-baling dapat berputar dengan aman tanpa masuknya air laut ke dalam ruang mesin. Melalui artikel ini saya akan membahas tentang stern tube kapal yang merupakan komponen penting dalam proses berputarnya baling-baling kapal. 

Penting untuk memahami kajian utama dalam artikel ini guna untuk menjadi panduan serta sumber pengetahuan dalam mengambil tindakan terutama dalah hal melakukan pemeliharaan dan perawatan alat-alat penting di atas kapal seperti stern tube. Untuk memahami secara seksama silahkan simak pembahasan di bawah ini.

stern tube kapal
stern tube kapal merupakan kerangka silinder yang menghubungkan propeller dengan mesin penggerak kapal

Pengertian Stern Tube

Stern tube kapal adalah komponen penting yang terletak di bagian buritan kapal dengan struktur berupa silinder yang kosong dan membentang dari mesin induk hingga ke poros baling-baling (shaft), yang memiliki fungsi untuk memberikan dukungan dan stabilitas pada poros baling-baling agar propulsi menjadi lancar dan efisien.

Dengan sistem propulsi maka poros propeller kapal dapat berputar secara leluasa dan bebas tanpa terjadinya kebocoran (leaking) yang dapat mengakibatkan air masuk ke dalam ruang mesin melalui lambung kapal.

Selain itu, stern tube juga mengandung pengaturan pelumasan dan penyegelan yang sangat penting untuk menjaga efisiensi operasional dan mencegah masuknya air laut ke dalam lambung kapal. Penyegelan ini sangat krusial karena harus mencegah kebocoran minyak pelumas ke laut yang dapat menyebabkan pencemaran.

Dengan demikian, tabung tersebut dapat memainkan perannya untuk memastikan bahwa kapal dapat bergerak maju atau mundur dengan tenaga mesin yang ditransmisikan ke baling-baling dengan cara yang aman dan efektif.

Singkatnya dapat kita definisikan bahwa stern tube seperti tabung horizontal yang memiliki ruang yang menjadi penghubung antara propeller dengan bagian mesin induk kapal sebagai alat penggerak utamanya. Bagian ini harus kuat dan kokoh untuk menahan tekanan besar yang dihasilkan oleh baling-baling kapal ketika berputar. Biasanya terbuat dari besi atau baja sebagai wadah untuk poros yang menghubungkan mesin ke baling-baling.

Stern tube dipasang pada bagian belakang atau buritan kapal, dengan bagian depannya didukung oleh bulkhead puncak buritan dan bagian belakangnya didukung oleh bagian buritan. Tabung ini menembus ke ruang mesin kapal, yang berada di dek paling bawah.

Komponen dan Fungsi Stern Tube

Komponennya adalah sebagai berikut:

  • Poros Baling-Baling (Propeller Shaft) yaitu Poros yang menghubungkan mesin ke baling-baling 
  • Bantalan (Bearings) yaitu Terdapat bantalan di dalam stern tube yang mendukung poros baling-baling dan memungkinkan rotasi yang halus.
  • Sistem Pelumasan yaitu sistem untuk mengurangi gesekan antara poros dan bantalan.
  • Sistem Penyegelan (Sealing System) untuk mencegah air laut masuk ke dalam lambung kapal dan minyak pelumas keluar ke laut.

Fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pendukungan Struktural dan konstruksi untuk poros baling-baling dan membantu menjaga keselarasan poros.
  • Sebagai pelindung Poros, Tabung ini melindungi poros dari air laut dan kotoran lainnya yang dapat menyebabkan korosi atau kerusakan.
  • Untuk memastikan transmisi tenaga yang efisien dari mesin ke baling-baling.
  • Sebagai penahan Beban baling-baling yang terdapat pada bagian belakang kapal yang memberikan tekan pada shaft.
  • Sebagai cover dan penutup (sealing) untuk mencegah air masuk ke dalam lambung kapal serta mencegah terjadinya kebocoran pada pelumasan shaft propeller.

Penyegelan yang baik pada stern tube sangat penting untuk mencegah masuknya air laut yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan juga untuk mencegah polusi minyak ke laut. Oleh karena itu, pemilihan material penyegelan dan pemeliharaan rutin sangat penting untuk menjaga keamanan.

Jenis penyegelan (seals) yang umum digunakan yaitu sebagai berikut:

  1. Lip Seals merupakan jenis seals yang bersentuhan langsung dengan poros yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada poros, jenis ini adalah jenis yang paling banyak digunakan oleh kapal.
  2. Radial Face Sealas merupakan jenis seals yang dilengkapi dengan pegas yang dipasang radial pada poros dan ujung buritan.
  3. Stuffing Boxes merupakan jenis seals yang terdiri atas packing material.

Perawatan dan Kerusakan yang sering terjadi pada Stern Tube

Perawatan: 

  1. Melakukan pemeriksaan secara rutin pada bantalan dan sistem penyegelan untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan.
  2. Melakukan pelumasan secara teratur serta memastikan sistem pelumasan bekerja dengan baik dan mengganti minyak pelumas sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  3. Membersihkan tube dari kotoran atau endapan yang dapat mengganggu fungsi bantalan atau penyegelan.

Kerusakan:

  1. Kebocoran Penyegelan, Kebocoran pada sistem penyegelan dapat menyebabkan masuknya air laut dan kehilangan minyak pelumas.
  2. Kerusakan Bantalan, Bantalan yang aus atau rusak dapat menyebabkan getaran pada poros baling-baling dan mengurangi efisiensi propulsi.
  3. Korosi Poros, Air laut yang masuk dapat menyebabkan korosi pada poros baling-baling, yang memerlukan perbaikan atau penggantian.

Tindakan yang harus dilakukan apabilah terjadi kerusakan sebagaimana yang disebutkan di atas adalah sebagai berikut:

  1. Penggantian Komponen seperti mengganti bantalan, segel, atau bagian lain yang rusak atau aus.
  2. Pelapisan Anti-Korosi yakni menerapkan pelapisan anti-korosi pada poros baling-baling untuk melindungi dari kerusakan akibat air laut.
  3. Memeriksa dan memperbarui sistem penyegelan dengan teknologi terpercaya untuk meningkatkan kinerja dan mencegah kebocoran.

Dengan melakukan pemeliharaan yang baik dan perhatian terhadap kerusakan dan masalah yang sering terjadi pada stern tube kapal maka dapat dipastikan bahwa operasi kapal akan berjalan lancar dan aman dalam setiap pelayaran. 

Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru bagi pembaca dan menjawab dari semua pertanyaan yang sering muncul dalam benak para kawan-kawan pelaut.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.

Post a Comment for "Penjelasan Tentang Stern Tube Kapal Serta Fungsi dan Perawatannya yang Wajib Dipahami Pelaut "